You are here: Home > Uncategorized > LAPORAN MENGAJAR PAUD (HARI KE 5)

LAPORAN MENGAJAR PAUD (HARI KE 5)

Kegiatan hari terakhir kami mengajar tepatnya pada tanggal 13 April 2017 adalah kegiatan yang menghibur anak-anak seperti bermain games dan bernyanyi bersama-sama. Seperti biasa kami memulai kegiatan pada pukul 08.00 pagi menunggu anak-anak membaca doa, lalu kamu baru memulai kegiatan mengajar kami. Kegiatan pertama kami adalah bernyanyi bersama menggunakan video lagu edukatif tentang pembelajaran air,angin,api dan udara. Kami menyesuaikan dengan pembelajaran yang lagi diberikan oleh guru pembibing mereka.

 

Ini pada saat anak-anak dan kelompok kami juga ikutan bernyanyi bersama. (Videonya tidak dapat diupload nanti langsung di kasih ke Pak Sri Hutomo) videonya sangat menarik sehingga anak-anak sangat bersemangat menyanyinya. Lalu kegiatan kami selajutnya adalah bermain ular tangga. Mereka begitu senang sehingga kondisinya sangat tidak kondusif alias sangat berisik banyak yang teriak sana sini tetapi itu semua karena mereka sangat senang. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan anak pada permainan tradisional.

Jadi mereka disuruh untuk memilih menjadi anggota team Kak Stevanie atau kak anila. ini team Stevanie dan ini adalah team Anilla

Setiap mereka yang tertangkap menjadi “Yang terbelakang” mereka akan diberi pertanyaan seputar materi bahasa Inggris,Matematika dan Bahasa Indonesia yang sudah diajarkan untuk direview kembali ke dalam ingatan mereka. Jadi kegiatan ini bermain games tetapi sekaligus mengasah ingatan sang anak.

Ini salah satu ekspressi anak yang tertangkap hehe dia termasuk salah satu anak yang paling aktif dan paling menggemaskan di TK. Intan Prima:) Dan akhirnya setelah ia bisa menjawab pertanyaan, ia disuruh memilih ingin masuk team kak Stevanie atau kak Anilla dan dia memilih team Stevanie:)

Sehabis kegiatan bermain ular tangga ini, kegiaatan kami selanjutnya adalah menari bersama lagi. Dikarenakan anak-anak sangat suka menari, maka kami memilih kegiatan menari lagi agar hati mereka selalu riang gembira. Lagu untk menari kali ini adalah dudidudi dam. Lagu anak-aanak yang cukup populer dengan iringan musik yang membuat anak-anak bersemangat.

Ini pada saat saya, mengajak mereka menari lagi, “Siapa yang mau joget-joget lagi?” dan dengan lantang+teriak dijawab mereka “sayaaa!!” pakai teriakan 7 oktaf hehe. Begitu senangnya melihat mereka semua tertawa gembira.

Lalu tibalah kami pada detik-detik terakhir kebersamaan kami dengan anak-anak.  Disini kami mengadakan kegiatan Sharing Time lagi. Dengan tertawa bersama dan menanyakan angket-angket seperti siapa kakak yang paling bawel, siapa kakak yang paling baik dll.

Tibalah pada kegiatan kami yang terakhir, yaitu memberikan bingkisan sebagai kenang-kenangangan terhadap anak-anak yang menggemaskan ini. Mereka sangat bersemangat dan senang, berbeda dengan team kami yang mulai merasa sedih dan kehilangan karena pada hari esok dan esoknya lagi tidak akan bermain dan bercanda tawa bersama dengan mereka lagi, karena jadwal kami sudah habis. Canda tawa mereka adalah hal yang sangat berharga bagi kelompok kami. Dari mengajar di TK ini, kami mempelajari tentang bagaimana caranya mengerti, bagaimana rasanya berkorban  seperti guru-guru kami selama ini rela berkorban seperti lilin yang menghabiskan dirinya demi menjadi penerang bagi orang lain meskipun perjuangan kami tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan guru-guru kami. Terimakasih anak-anak. Terimakasih kepada para guru TK. Intan Prima yang sangat baik terhadap kami, dan selalu membimbing kami dalam mengerti masing-masing karakter pada anak-anak. Terimakasih juga kepada Kepala sekolah dan Kepala Yayasan TK. Intan Prima. Terimakasih juga kepada kelompok 6. Meskipun menurut saya teamworknya kurang, tetapi ini semua sudah lebih dari cukup. Terimakasih:)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply